Selasa, 15 Februari 2011

Pengertian open Office

2011
Tugas Kelompok
Teori Aplikasi
[PENGERTIAN OPEN OFFICE]
l
2
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis penjatkan kehadirat Alloh SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat
menyelesaikan penyusunan Tugas yang berjudul “Pengertian open Office”.
PenulisanTugas adalah merupakan salah satu tugas dan persyaratan untuk menyelesaikan tugas
mata kuliah teori aplikasi
Dalam Penulisan tugas ini penulis merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada
teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu
kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan
makalah ini.
Akhirnya penulis berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang
telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Yaa
Robbal ‘Alamiin.
3
Contents
KATA PENGANTAR .................................................................................................................................. 2
BAB I ...................................................................................................................................................... 6
PENDAHULUAN ...................................................................................................................................... 6
1. TUJUAN ...................................................................................................................................... 6
BAB II ..................................................................................................................................................... 7
PEMBAHASAN MATERI ............................................................................................................................ 7
Pengertian OpenOffice.org ...................................................................................................................... 7
Pengertian Open Office Writer dengan Ms Office Word .......................................................................... 8
Mengenal Bagian-bagian OpenOffice.Org Writer ................................................................................... 10
TITLE BAR ......................................................................................................................................... 11
CONTROL WINDOWS ......................................................................................................................... 11
MENU BAR ....................................................................................................................................... 11
TOOLBAR STANDAR ........................................................................................................................... 11
TOOLBAR FORMATTING..................................................................................................................... 12
HORIZONTAL RULER .......................................................................................................................... 12
VERTIKAL RULER ............................................................................................................................... 12
HORIZONTAL SCROLL BAR .................................................................................................................. 12
VERTICAL SCROLL BAR ....................................................................................................................... 12
TOOLBAR DRAWING .......................................................................................................................... 12
STATUS BAR ...................................................................................................................................... 12
Mengenal Menu Openoffice.Org Writer ................................................................................................ 13
Menu File ......................................................................................................................................... 13
Print, Printer Settings, dan Exit. ......................................................................................................... 13
Menu Edit ......................................................................................................................................... 14
Menu View ....................................................................................................................................... 14
Menu Insert ...................................................................................................................................... 15
Menu Format ................................................................................................................................... 16
Menu Table ...................................................................................................................................... 17
Menu Tools ...................................................................................................................................... 18
Menu Windows ................................................................................................................................ 19
4
Menu Help........................................................................................................................................ 19
RANGKUMAN ....................................................................................................................................... 20
ISTILAH-ISTILAH PENTING ...................................................................................................................... 21
PROFIL PENULIS .................................................................................................................................... 24
5
6
BAB I
PENDAHULUAN
1. TUJUAN
Maksud dari pembuatan ebook ini adalah semata-mata untuk memenuhi tugas kami di mata
kuliah TEORI KOMPUTER APLIKASI, dan berikut isi dari ebook ini berdasarkan materi-materi yang penulis
dapat dari media Internet. Penulis akan menjelaskan secara singkat tentang Open Office Writer.
Bagaimana cara kerja Open Office Writer, fitur-fitur apa saja yang terdapat didalamnya.
Penulis mohon maaf jika dalam ebook ini terdapat kekurangan dalam menjelaskan tentang
matero Open Office Writer ini. Di karenakan keterbatasan penulis.
Di BAB berikutnya penulis akan menjelaskan secara singkat apa itu Open Office? Apa itu Open Office
Writer, cara kerja dan fitur – fitur apa saja yang terdapat di dalamnya
BAB II
PEMBAHASAN MATERI
Pengertian OpenOffice.org
OpenOffice.org adalah seperangkat lunak perkantoran yang di dalamnya terdapat fungsi pengolah kata
(word processing), pengolah lembar (spreadsheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan
presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, database, dan formula editing. Selain itu Open
Office.org bisa dikatakan salah satu software OfficeSuite (wordprocessor, spreadsheet dan presentation)
yang bersifat OpenSource sehingga bisa di download, diinstal, didistribusikan secara bebas tanpa harus
membeli lisensi ratusan dolar.
Sebagai salah satu alternatif pengganti Microsoft Office yang mungkin terlanjur mengakar pada
kebanyakan pengguna komputer, OpenOffice secara kualitas setingkat dengan Ms Office. Jadi bagi kita
yang sudah terbiasa menggunakan Ms Office akan cepat familiar dengan OpenOffice sebab menu dan
fiturnya sangat mirip walaupun tidak 100% sama. Tidak hanya untuk para pengguna Linux saja,
OpenOffice ini juga bisa diinstal di lingkungan Ms Windows.
Ada beberapa komponen dalam OpenOffice.org, yaitu :
1. OpenOffice.org Writer
2. OpenOffice.org Calc
3. OpenOffice.org Impress
4. OpenOffice.org Draw
5. OpenOffice.org Math
6. OpenOffice.org Base
Dalam makalah ini kami akan menguak tentang perbedaan antara OpenOffice writer dengan Ms Office
Word.
OpenOffice.org Writer adalah pengolah kata yang mirip dengan Ms Word, dengan fitur yang hampir
sama. Beberapa fitur yang tersedia di OpenOffice.org Writer antara lain:
• Wizard yang mempermudah pembuatan dokumen-dokumen standar seperti surat, fax, agenda, atau
mail merge. Kita juga bisa dapat membuat template sendiri sesuai kebutuhan kita.
• Styles and Formatting.
• AutoCorrect Dictionary yang dapat mengecek ejaan selama kita mengetik.
• AutoComplete dapat menyarankan kata-kata atau frase umum untuk melengkapi apa yang sedang kita
ketik.
• AutoFormat menangani format tulisan selama kita mengetik, membebaskan kita untuk berkonsentrasi
lebih pada pesan yang ingin kita sampaikan.
• Bingkai teks dan linking untuk menangani urusan desktop publishing seperti membuat buletin, flyer,
dan lain-lain.
8
• Pembuatan daftar isi, indeks, referensi bibliografis, ilustrasi, tabel, dan daftar lainnya secara otomatis.
• Writer dapat berhubungan langsung dengan perangkat lunak email sehingga kita bisa langsung
mengirim dokumen kita melalui email.
• Fasilitas ekspor HTML ke web atau mencetaknya dalam bentuk Portable Document Format (PDF).
• Penyimpanan dokumen dalam format OpenDocument, standar internasional baru untuk dokumen
office. Format baru berbasis XML ini dapat diakses oleh perangkat lunak lain yang kompatibel terhadap
format OpenDocument.
• Writer dapat membaca format dokumen Microsoft Office, dan menyimpan hasil kerja ke dalam format
Microsoft Word.
Pengertian Open Office Writer dengan Ms Office Word
OpenOffice.org writer merupakan sebuah perangkat lunak bebas/open source untuk mengolah kata
yang merupakan komponen paket perangkat lunak OpenOffice.org. OpenOffice.org Writer adalah
program perkantoran untuk mengolah kata dan sama seperti Microsoft Word pada Microsoft Office.
Berguna untuk membuat dokumen tulisan, misal surat, buku, laporan, dll.
Sedangkan Microsoft Word (MS Word) merupakan program pengolah kata yang banyak dipakai saat ini
dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya, seperti WordStar, AmiPro, WordPerfect dan lainlain.
Hal ini dipengaruhi oleh faktor fasilitas yang disediakan, kemudahan dalam menggunakan, hasil
yang diperoleh, tampilan yang menarik dan lain sebagainya.
Secara tampilan dan pengoperasian Open Office Writer tidak berbeda jauh dengan Microsoft Office
Word. Bahkan OpenOffice Writer juga bisa untuk membuka file yang dibuat dengan Ms Office Word
misalnya file berekstensi .doc, .xls, atau .ppt. Untuk OpenOffice Writer, ia juga memiliki ekstensi khusus
yang spesifik, yaitu .odt (kompatibel word), .ods (kompatibel excel), .odp (kompatibel powerpoint, dan
.odb (kompatibel access).
2.2 Perbedaan Open Office Writer dengan Ms Office Word
Beberapa perbedaan tipis antara Microsoft Office Word dan OpenOffice Writer antara lain :
1. Menu pengatur Page Setup
• Menu Page Setup Ms Word ada pada : File -> Page Setup.
• Sedangkan pada OpenOffice Writer : Format -> Page
2. Menu Header-Footer
• Menu Header-Footer Ms Word : View -> Header and Footer.
• Sedangkan pada OpenOffice Writer : Insert -> Header dan Insert -> Footer
3. Menu Symbol (untuk insert karakter khusus misalnya alfa, beta, gamma dll)
• Menu Symbol Ms Word : Insert -> Symbol.
• Sedangkan pada OpenOffice Writer : Insert -> Special Character
4. Menu Page Number
• Menu Page Number Ms Word : Insert -> Page Number.
• Sedangkan pada OpenOffice Writer : Insert -> Fields -> Page Number
5. Menu Format Font
• Menu Format Font Ms Word : klik kanan -> Font.
9
• Sedangkan pada OpenOffice Writer : klik kanan -> Style
Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kedua fasilitas ini (Microsoft Office Word dan
OpenOffice Writer), yang itu juga menjadi sebuah perbedaan diantara kedua fasilitas tersebut, antara
lain :
• Microsoft Office Word, fasilitas ini begitu mudah digunakan sehingga siapapun yang menggunakannya
akan merasa nyaman dengan pengolahan kata ini (intinya Microsoft Office banyak dipakai orang).
Microsoft Office memudahkan siapa saja menggunakan aplikasi perkantoran ini jadi cukup mudah
digunakan.
• Pada OpenOffice Writer hanya terdapat satu macam tabel, yaitu tabel yang diedit langsung pada
halaman yang sama. Sedangakan pada Microsoft Word terdapat dua pilihan tabel, yaitu tabel yang
langsung diedit dengan Microsoft Word dan tabel yang dapat diambil dari Microsoft Excel. Namun itu
tidak masalah karena fasilitas tabel pada Open Office Writer cukup mudah untuk digunakan.
• OpenOffice Writer dapat membaca format dokumen Microsoft Office, dan menyimpan hasil kerja ke
dalam format Microsoft Word, berupa file yang berekstensi .doc, .xls, atau .ppt. Jadi, kita tak perlu takut
bahwa dokumen-dokumen yang pernah ditulis dengan Microsoft Office Word akan terbuang percuma,
begitu juga ketika menggunakan OpenOffice Witer, simpanlah dokumen yang kita buat dengan ekstensi
.doc, .xls, atau .ppt agar dapat digunakan kembali dengan Micosoft Office Word.
• Tingkat kompatibilitas dokumen antara MicosoftOffice Word dengan OpenOffice Writer terletak pada
seberapa jauh kita berdisiplin dalam pembuatan dokumen. Diperlukannya kedisiplinan lain pada
penggunaan OpenOffice Writer yaitu pada penempatan potongan teks pada posisi center. Posisi teks
hendaknya di pasang dengan atribut paragraph yang bersangkutan, tidak dengan menyelipkan banyak
spasi atau tab di kiri teks. Demikian pula, cara yang benar untuk memaksa suatu paragraph masuk dalam
halaman baru adalah dengan menyelipkan page break bukan dengan menyelipkan enter berkali-kali.
Ketika kompatibilitas Microsoft word dengan OpenOffice Writer pada umumnya disebabkan pada
perbedaan default ukuran kertas, font, dan definisi atribut-atribut semacam itu. Itulah sebabnya
dokumen yang disunting dengan kedisplinan tinggi dalam memaksimalkan penggunaan fasilitas Linux
processor tidak akan mengalami kekacauan bila disunting dengan proses lain.
• Fasilitas rotasi gambar yang ditemui pada Microsoft Office Word belum dapat ditemukan padanannya
pada OpenOffice Writer. Solusinya, jika kita menginginkan gambar dirotasi sekian derajat, maka kita
dapat merotasi gambar tersebut terlebih dahulu menggunakan aplikasi pengolah grafis baru kemudian
di-insert ke dalam dokumen.
• OpenOffice Writer dapat berhubungan langsung dengan perangkat lunak email sehingga kita bisa
langsung mengirim dokumen kita melalui email.
• OpenOffice Writer juga merupakan salah satu software OfficeSuite (wordprocessor, spreadsheet dan
presentation) yang bersifat OpenSource sehingga bisa di download, diinstal, di distribusikan secara
bebas tanpa harus membeli lisensi ratusan dolar. Sebagai salah satu alternatif pengganti Microsoft
Office Word yang mungkin terlanjur mengakar pada kebanyakan pengguna komputer.
• Dokumen yang sama akan jauh lebih irit memori jika menggunakan OpenOffice Writer jika
dibandingkan dengan Microsoft Word.
• Pada Microsoft Office Word, kebanyakan sofware yang digunakan oleh para penggunanya adalah
software bajakan, karena kebanyakan orang ingin sesuatu yang gratisan. Karena untuk mendapatkannya
10
perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit maka dri itu harga beli perangkat lunak Microsoft Office
Word dianggap terlalu mahal bagi kebanyakan pengguna individu.
• Aplikasi Ms Word merupakan salah satu dari tiga aplikasi yang terpisah yaitu Ms Excel dan Ms Power
Point, sedangkan pada OpenOffice Writeraplikasi Writer, Calc dan Impress adalah satu program saja
yaitu OpenOffice, dengan demikian Anda tidak perlu membuka aplikasi Calc ketika Anda sedang
mengedit suatu file dengan Writer.
• Fungsi-fungsi makro harus diprogram ulangkan di lingkungan OpenOffice, karena menyebabkan
ketidak kompatibilitas pada program tersebut. Kebanyakan pengguna komputer tidak memanfaatkan
fasilitas ini dalam banyak hal, justru fasilitas makro memberikan kesusahan dengan terbitnya berbagai
macam virus dokumen.
• OpenOffice Writer dilengkapi dengan ciri-ciri keselamatan yang tersendiri dalam memastikan
dokumen-dokumen tidak mudah dijangkiti Trojan dan perisian yang dapat merusak komputer.
• Tampilan pada OpenOffice Writer juga tampak teratur.
• OpenOffice Writer memiliki fungsi Macro yang bertujuan untuk memudahkan perjalanan kerja
penggunanya.
• OpenOffice Writer dijalankan atas berbagai platform, di antaranya Windows, Solaris, Linux,dan Mac OS
X. sedangkan Microsoft Office Word dijalankan oleh Windows.
• Hasil format HTML OpenOffice Writer selalu mengikuti standard dan bersih jika di bandingkan dengan
perisian yang lessen berbayar seperti Microsoft Office Word.
• Tampilan layar pada Microsoft Office Word memiliki warna lebih tarang dibanding dengan OpenOffice
Writer yang tampilan layarnya juga agak sedikit suram.
• Dalam melakukan aplikasi data base, OpenOffice Writer menggunakan Base.
• OpenOffice Writer lebih di kenal dengan StarOffice(merek dagang dari Sun Microsystem), sedangkan
Microsoft Office Word lebih dikenal dengan program pengolah kata yang mirip seperti WordStar,
AmiPro, WordPerfect, dll.
• Pada OpenOffice Writer kita dapat menggunakan fasilitasi Mail Merge dengan memilih menu Tools
Mail Merge Wizard kemudian mengikuti prosedur dengan mudah.
• Pada OpenOffice Writer pembuatan daftar isi, indeks, referensi bibliografis, ilustrasi, tabel, dan daftar
lainnya secara otomatis, sedangkan pada Microsoft Office Word dilakukan secara manual.
Mengenal Bagian-bagian OpenOffice.Org Writer
Sebelum lebih jauh menggunakan OpenOffice.org Writer, Anda perlu mempelajari terlebih
dahulu bagian-bagian yang terdapat pada tampilan lembar kerja OpenOffice.org Writer
beserta fungsinya masing-masing. Dengan begitu, Anda akan memahami gambaran dasar dan
letak sebuah tool pada jendela OpenOffice.org Writer. Secara umum, setiap lembar kerja
OpenOffice.org Writer terdiri atas Title Bar, Control Window, Menu Bar, Toolbar Standard,
Toolbar Formatting, Horizontal dan Vertical Ruler, Scroll Bar, Toolbar Drawing, dan Status Bar.
Penjelasan mengenai masing-masing bagian adalah sebagai berikut.
11
TITLE BAR
Bagian pertama dari tampilan OpenOffice.org Writer adalah Title Bar atau Baris Judul yang
berada pada jendela paling atas. Bagian ini menjadi indikator nama file yang sedang aktif.
Pada gambar di bawah, dokumen yang sedang aktif adalah Untitled 1, sedangkan
OpenOffice.org Writer adalah nama program aplikasinya. Jika Anda membuka dokumen baru
lagi, secara otomatis Title Bar akan menunjukkan nama Untitled2, Untitled3, dan seterusnya.
CONTROL WINDOWS
Bagian kedua terletak di bagian kanan Title Bar. Bagian ini sering disebut Control Window dan
berfungsi untuk mengatur jendela lembar kerja OpenOffice.org Writer. Terdapat tiga jenis ikon
yang mempunyai nama dan fungsi yang berbeda, yaitu:
● Minimize, berfungsi untuk memperkecil tampilan layar OpenOffice.org Writer.
● Maximize dan Restore, berfungsi untuk memperbesar tampilan layar OpenOffice.org
Writer dan untuk mengembalikan ukuran tampilan jendela ke ukuran semula.
● Close, berfungsi untuk menutup seluruh lembar kerja OpenOffice.org Writer dan keluar dari
programnya. Ikon ini sama dengan perintah File → Exit dari menu bar.
MENU BAR
Menu bar pada dasarnya merupakan kumpulan beberapa menu utama yang berfungsi
sebagai perintah untuk mengolah dokumen pada OpenOffice.org Writer. OpenOffice.org Writer
menyediakan sembilan menu yang terdapat pada menu bar. Kesembilan menu yang merupakan
menu pull-down tersebut adalah File, Edit, View, Insert, Format, Table, Tools, Window, dan
Help. Huruf bergaris bawah pada menu merupakan huruf kunci (shortkey) yang dapat Anda
gunakan bersamaan dengan tombol ALT pada keyboard untuk membuka menu-menu tersebut.
Sebagai contoh, Anda dapat membuka menu Edit dengan menekan tombol ALT + E secara
bersamaan.
TOOLBAR STANDAR
Toolbar adalah sekumpulan perintah berbentuk gambar atau ikon yang dikelompokkan
berdasarkan fungsinya. Toolbar Standard adalah ikon-ikon utama yang dapat Anda
gunakan untuk membuka, menyimpan, mencetak, menyalin, memotong file atau karakter dalam
dokumen OpenOffice.org Writer.
12
TOOLBAR FORMATTING
Toolbar formatting adalah sekumpulan ikon yang berfungsi untuk mengatur, memodifikasi atau
memformat objek-objek pada dokumen seperti objek gambar, tabel, dan teks. Toolbar
Formatting juga dapat Anda gunakan untuk mengganti jenis, ukuran dan warna huruf.
HORIZONTAL RULER
Bagian ini berfungsi untuk mengatur posisi batas kiri dan batas kanan dari sebuah paragraf yang
terdapat dalam dokumen OpenOffice.org Writer.
VERTIKAL RULER
Bagian ini berfungsi untuk mengatur posisi batas atas dan batas bawah dari sebuah
paragraf yang terdapat dalam dokumen OpenOffice.org Writer.
HORIZONTAL SCROLL BAR
Bagian ini digunakan untuk menggeser jendela lembar kerja ke kiri atau ke kanan agar
bagian teks yang tidak terlihat karena halaman terlalu lebar menjadi terlihat.
VERTICAL SCROLL BAR
Bagian ini digunakan untuk menggeser jendela lembar kerja ke atas atau ke bawah agar bagian
teks yang tak terlihat karena halaman terlalu panjang menjadi terlihat.
TOOLBAR DRAWING
Toolbar Drawing berisi ikon-ikon yang dapat Anda gunakan untuk membuat dokumen yang
disertai gambar, auto shapes dan tulisan yang menarik dengan Font Work Gallery.
STATUS BAR
Status Bar Merupakan bagian yang terletak pada posisi paling bawah dan berfungsi untuk
menampilkan informasi halaman, ukuran tampilan, Caps Lock, Num Lock dan sebagainya.
13
Mengenal Menu Openoffice.Org Writer
Menu File
1.
Menu File merupakan menu yang digunakan untuk mengelola dokumen secara
keseluruhan, misalnya untuk membuka dokumen baru, menyimpan dokumen, mencetak
dokumen, dan sebagainya. Dalam menu File terdapat 21 sub menu, yaitu New, Open,
Recent Documents, Close, Save, Save As, Save All, Reload, Version, Export, Export As
PDF, Send, Properties, Digital Signatures, Templates, Preview in Browser, Page Preview,
Print, Printer Settings, dan Exit.
Perhatikan Gambar Dibawah ini. Gambar tersebut merupakan bagian-bagian dari menu File yang
selanjutnya kita sebut sebagai menu utama. Dalam menu utama terdapat sub menu, dan di dalam
sub menu masih ada lagi sub sub menu jika tanda panahnya Anda klik. Menu inilah yang disebut
sebagai cascading menu.
14
Menu Edit
Menu Edit merupakan menu yang berhubungan dengan proses pengeditan dokumen yang
sifatnya operasional, misalnya menyalin, memotong, mencari dan mengganti teks dalam
dokumen. Menu Edit terdiri dari 25 sub menu yang meliputi Undo/Can’t Undo, Redo/Can’t
Restore, Repeat Typing, Cut, Copy, Paste, Paste Special, Select Text, Selection Mode,
Select All, Changes, Compare Document, Find & Replace, Navigator, Auto Text, Exchange
Database, Fileds, Footnote, Index Entry, Bibliography Entry, Hyperlink, Links, Plug-in,
Image Map dan Object. Keterangan mengenai nama dan fungsi sub menu dalam menu Edit dapat
Anda lihat pada Gambar di bawah ini.
Menu View
Menu View berguna untuk mengatur tampilan dokumen atau komponen OpenOffice.org Writer.
Menu ini terdiri dari 13 Sub menu dan sebuah cascading menu, yaitu Toolbars. Sub menu dalam
menu View adalah Print Layout, Web Layout, Toolbars, Status Bar, Input Method Status,
Ruler, Text Boundaries, Filed Shadings, Field Names, Nonprinting Characters, Hidden
Paragraphs, Full Screen dan Zoom.
15
Menu Insert
Menu Insert berguna untuk menyisipkan suatu objek atau unsur tertentu ke dalam sebuah
dokumen. Objek yang biasanya disisipkan adalah gambar, frame, tabel, hyperlink, karakter
khusus, animasi, audio dan video, serta beberapa jenis objek lainnya. Terdapat 24 sub
menu dalam menu Insert, yaitu Manual Break, Fields, Special Character, Formatting Mark,
Section, Hyperlink, Header, Footer, Footnote, Caption, Bookmark, Cross-reference, Note, Script,
Indexes and Tables, Envelope, Frame, Table, Horizontal Ruler, Picture, Movie and Sound,
Object, Floating Frame, dan File. Dalam menu Insert juga terdapat 7 cascading menu, yaitu
Fields, Formatting Mark, Header, Footer, Indexes and Tables, Picture dan Object.
16
Menu Format
Menu Format adalah menu yang disediakan oleh OpenOffice.org Writer untuk mengatur format
teks, paragraf, atau dokumen. Menu ini terdiri dari 19 sub menu yang masing masing
memiliki fungsi berbeda dalam hal pemformatan dokumen. Sub menu tersebut antara lain
Default Formatting, Character, Paragraphs, Bullet and Numbering, Page, Change
Case, Column, Section, Style and Formatting, AutoFormat, Anchor, Wrap, Alignment,
Arrange, Flip, Group, Object, Frame dan Picture. Di dalam menu ini juga terdapat 9
cascading menu, yaitu sub menu Change Case, AutoFormat, Anchor, Wrap, Alignment,
Arrange, Flip, Group dan Object.
17
Menu Table
Sesuai namanya, menu Table merupakan menu untuk membuat dan mengatur tabel. Menu ini
dari 17 sub menu, yaitu Insert, Delete, Select, Merge Cells, Split Cells, Protect Cells, Merge
Table, Split Table, AutoFormat, Autofit, Heading rows repeat, Convert, Sort, Formula,
Number Format, Table Boundaries, Table Properties. Dalam menu Table terdapat 5 cascading
menu, yaitu pada Insert, Delete, Select, Autofit dan Convert.
18
Menu Tools
Menu Tools dapat Anda gunakan untuk mengaktifkan fasilitas-fasilitas yang tersedia pada
OpenOffice.org Writer dan berfungsi untuk memperbaiki dokumen. Ada 19 menu yang
terdapat pada Menu Tools, yaitu SpellCheck, Language, Word Count, AutoCorrect, Outline
Numbering, Line Numbering, Footnotes, Gallery, Media Player, Bibliography Databases, Mail
Merge Wizard, Sort, Calculate, Update, Macros, Extention Manager, XML Filter. Settings,
Customize, Options. Dalam menu Tools ini terdapat 3 cascading menu, yaitu Language,
Update dan Macros.
19
Menu Windows
Menu Window adalah menu untuk mengatur jendela-jendela dokumen yang sedang
terbuka. Nama-nama dokumen yang sedang aktif akan ditampilkan di bawah sub menu
Window dan dapat Anda pilih dengan cara mengkliknya. Terdapat 2 buah sub menu dalam menu
Window, yaitu New Window dan Close Window. Selain itu, terdapat sub menu berisi nama file
yang sedang aktif.
Menu Help
Menu Help bermanfaat untuk menampilkan fasilitas bantuan atau informasi mengenai
OpenOffice.org. Terdapat 6 buah sub menu dalam menu Help, meliputi OpenOffice.org Help,
What’s this?, Get Help Online, Translate This Application, Report a Bug, dan About
OpenOffice.org.
20
RANGKUMAN
Salah satu aplikasi pengolah kata yang dapat kita gunakan secara legal adalah
OpenOffice.org Writer. Untuk mengaktifkan program OpenOffice.org Writer, kita dapat
menggunakan Applications Starter pada taskbar dan menggunakan klik ganda pada ikon
OpenOffice.org Writer yang terdapat di Desktop maupun di Panel Taskbar. Setelah kita
mengaktifkan program OpenOffice.org Writer, akan muncul tampilan lembar kerja yang
bagian-bagiannya adalah Title Bar, Control Box, Menu Bar, Toolbar Standard, Toolbar
Formatting, Toolbar Drawing, Ruler (Horizontal dan Vertical Ruler), Scroll Bar
(Horizontal dan Vertical Scroll Bar), Status Bar dan sebuah lembar kerja kosong yang
berada di tengah sebagai tempat untuk mengetik dokumen.OpenOffice.org Writer mempunyai
Menu Bar berisi 9 menu, yaitu:
● Menu File, yaitu menu utama yang digunakan untuk mengatur file, seperti
membuka lembar kerja, menutup lembar kerja, menyimpan lembar kerja, dan
melakukan pencetakkan dokumen.
● Menu Edit, yaitu menu utama kedua yang digunakan untuk membantu pengguna dalam proses
pengeditan dokumen, termasuk dalam pencarian teks.
● Menu View, yaitu menu untuk mengatur tampilan dokumen atau lembar kerja, termasuk
untuk memperbesar dan memperkecil ukuran lembar kerja.
● Menu Insert, yaitu menu untuk menyisipkan beberapa jenis objek ke dalam lembar kerja.
Objek-objek tersebut dapat berupa gambar, karakter khusus, simbol, header, footer, nomor
halaman, tanggal dan waktu, tabel, dan juga objek berupa file dokumen tipe lainnya.
● Menu Format, yaitu menu untuk membantu pengguna mengatur format objek
dokumen seperti teks, gambar, paragraf, atau jenis objek lainnya yang terdapat dalam
dokumen lembar kerja.
● Menu Table, yaitu fasilitas untuk membuat tabel termasuk yang memiliki operasi-operasi dasar
tabel seperti Insert, Delete, Select, Merge dan Split Cells.
● Menu Tools, yaitu menu yang sangat berperan mengatur beberapa fasilitas konten pada
aplikasi OpenOffice.Org Writer. Pada menu inilah opsi-opsi dalam OpenOffice.Org
21
Writer dapat kita ubah sesuai dengan kebutuhan kita. Melalui menu ini, kita dapat
mengatur kinerja aplikasi OpenOffice.Org Writer agar dapat lebih maksimal.
● Menu Window, yaitu menu untuk mengatur jendela-jendela dokumen atau file
lembar kerja yang sedang aktif atau terbuka.
● Menu Help, yaitu menu untuk menampilkan fasilitas bantuan atau informasi
mengenai OpenOffice.Org Writer, baik secara offline maupun secara online di Internet.
● Ada 3 toolbar OpenOffice.Org Writer yang sering digunakan dalam proses pengeditan
dokumen yaitu Standard, Formatting dan Drawing.
● Toolbar Standard adalah sekumpulan ikon yang berfungsi untuk mengatur dokumen seperti
membuka, menyimpan, sampai pada pencetakkan dokumen.
● Toolbar Formatting adalah sekumpulan ikon yang berfungsi untuk mengatur dan memodifikasi
teks atau tulisan dalam dokumen.
● Toolbar Drawing adalah sekumpulan ikon yang berfungsi untuk mengedit objek gambar dan
berbagai bentuk objek dokumen lainnya.
ISTILAH-ISTILAH PENTING
NAMA ISTILAH DEFINISI
Application Starter Nama tombol pada desktop sebuah sistem operasi, baik Linux
maupun Windows, yang berfungsi untuk membuka dan menjalankan
program-program aplikasi.
Cascading Menu Sub menu yang berada dalam pull-down menu yang bila kita klik
akan memunculkan beberapa sub-sub menu lain.
Clip Art Kumpulan ikon, gambar, tombol, dan file image lain yang dapat
langsung digunakan dengan cara ditempelkan ke dalam dokumen.
Clip Art dapat juga berupa dokumen audio atau video.
Desktop Tampilan layar utama dari sistem operasi yang muncul di layar
monitor
Font Karakter grafis dengan desain tertentu yang mencakup huruf, angka,
dan simbol-simbol.
Footer Bidang yang terdapat pada margin bawah setiap halaman dalam
dokumen. Kita dapat menambahkan teks atau gambar, misalnya
nomor halaman, tanggal, logo perusahaan, judul dokumen, nama file,
atau nama penulis pada footer
Header Bidang yang terdapat pada margin atas setiap halaman dalam
dokumen. Kita dapat menambahkan teks atau gambar, misalnya
22
nomor halaman, tanggal, logo perusahaan, judul dokumen, nama file,
atau nama penulis pada Header.
Icon Menu bergambar yang berfungsi sebagai shortcut
Mail Merge Fasilitas untuk membuat surat massal yang ditujukan ke banyak
alamat
Margin Ruang kosong di sekeliling tepi halaman. Kita dapat menyisipkan
objek berupa teks maupun gambar pada bidang cetak di dalam
margin. Selain itu, kita juga dapat menempatkan beberapa hal dalam
margin seperti Header, Footer, dan nomor halaman.
Pop-Up Menu Menu berisi perintah-perintah pengeditan dokumen yang dapat kita
munculkan dengan cara klik kanan pada bagian yang akan diedit.
Programs Kumpulan perangkat lunak komputer yang terinstall dalam sebuah
sistem operasi di komputer.
Pull-Down Menu Istilah untuk menyebut jenis menu dalam sebuah aplikasi yang jika
kita klik akan memunculkan beberapa sub menu.
Shortcut Jalan pintas untuk menjalankan program aplikasi pada sistem operasi
yang terinstall di komputer.
23
24
PROFIL PENULIS
Nama :Lukas Elniwan
TTL : Bandung , 13 Maret 1992
Hobi : main music
Alamat : Jalan pacet no.4
No telp : 087821960403
Nama : Delarosa Alfiani
TTL : Bandung, 19 Juni 1992
Hobi : nonton
Alamat : terusan buarh batu
No telp :085722037592
Nama : Agung Dea
TTL : Bandung 28 Juni 1992
Hobi : main bola
Alamat : soreang
No telp : 08996065422
Nama : Medi Eko Wibisono
25
TTl : Bandung 1 September 1990
Hobi : Main Basket
Alamat : Turangga
No telp :
Nama : Nadia Nuraini
TTL : Bandung 7 Maret 1993
Hobi : dengerin lagu
Alamat : cibolerang pangkalan 1 no. 31
No telp :085720303079

Selasa, 08 Februari 2011


memilih layout halaman dan menyisipkan diagram adat dan gambar. Word 2008 juga fitur dukungan asli untuk Office Open XML format baru, meskipun format doc tua dapat ditetapkan sebagai default.
Line jarak di Word 2010
Dalam Microsoft Word 2010, standar jarak untuk sebagian Gaya set Quick 1,15 antara garis dan baris kosong antara paragraf. Jarak default dalam dokumen Word Office 2003 adalah 1,0 antara garis dan tidak ada baris kosong antara paragraf.




1. 1,0 spasi baris dan tanpa spasi di antara paragraf



2. 1,15 garis spasi dan baris kosong antara paragraf


Untuk informasi lebih lanjut tentang mengapa spasi baris Anda terlihat berbeda atau untuk membuat dokumen baru yang terlihat seperti dokumen yang dibuat dengan Word 2003, klik link di bagian Juga Lihat.

 

Mengubah spasi baris

Cara termudah untuk mengubah baris spasi untuk seluruh dokumen adalah untuk menerapkan satu set Cepat Style yang menggunakan jarak yang Anda inginkan. Jika Anda ingin mengubah spasi baris untuk sebagian dari dokumen, Anda dapat memilih paragraf dan mengubah pengaturan spasi baris mereka.

Gunakan gaya diatur untuk mengubah spasi baris untuk seluruh dokumen
 1.           Pada tab Home, dalam kelompok Styles, klik Ubah Styles.
 2.           Point ke Gaya Set, dan mengarah ke set berbagai gaya. Menggunakan pratayang
langsung, perhatikan bagaimana garis jarak perubahan dari satu gaya set ke yang berikutnya.
Sebagai contoh, tahun 2003 Tradisional dan Word set gaya pakai-spacing. Set gaya Naskah menggunakan spasi ganda.

3              Bila Anda melihat jarak yang Anda sukai, klik nama set gaya.


Ubah spasi baris dalam sebagian dokumen

1.Pilih paragraf yang Anda ingin mengubah spasi baris.

2.Pada tab Home, dalam kelompok ayat, klik Line Spasi.



Lakukan salah satu dari berikut:
Klik jumlah spasi baris yang Anda inginkan.
Misalnya, klik 1.0 ke single-ruang dengan jarak yang digunakan dalam versi Word sebelumnya. Klik 2.0, untuk double-ruang paragraf yang dipilih. Klik 1,15 untuk satu-ruang dengan jarak yang digunakan dalam Word 2007.

Klik Line Spasi Options, lalu pilih opsi yang Anda inginkan di bawah Spasi. Lihat daftar berikut pilihan yang tersedia untuk informasi lebih lanjut.
Line jarak pilihan
Single Opsi ini menampung font terbesar (font: Sebuah desain grafis diterapkan untuk semua angka, simbol, dan karakter abjad Juga disebut tipe atau jenis huruf Arial dan Courier New adalah contoh dari font Font biasanya datang dalam ukuran yang berbeda, seperti 10 titik... , dan berbagai gaya, seperti huruf tebal.) sejalan itu, ditambah sejumlah kecil ruang tambahan. Jumlah ruang tambahan bervariasi tergantung pada font yang digunakan.
1,5 garis Pilihan ini kali satu-dan-satu-setengah dari spasi baris tunggal.
Double Pilihan ini dua kali lipat dari spasi baris tunggal.
Setidaknya Opsi ini menentukan spasi baris minimal yang diperlukan agar sesuai dengan font terbesar atau gambar di telepon.
Tepat Pilihan ini menentukan tetap spasi baris, dinyatakan dalam poin. Sebagai contoh, jika teks tersebut dalam font 10-point, Anda dapat menentukan 12 poin sebagai spasi baris.
Beberapa opsi ini mengatur spasi baris yang dapat dinyatakan dalam jumlah lebih besar dari 1. Misalnya, pengaturan garis jarak 1,15 akan menambah ruang dengan 15 persen, dan pengaturan garis jarak 3 meningkatkan ruang dengan 300 persen (triple spasi).
 Catatan Jika baris berisi karakter teks besar, grafik, atau rumus, Word meningkatkan spasi untuk baris yang. Untuk ruang semua lini merata dalam sebuah paragraf, gunakan spasi yang tepat dan menentukan jumlah ruang yang cukup besar agar sesuai dengan karakter atau gambar terbesar di baris. Jika item muncul terpotong, meningkatkan jumlah spasi.

 Top Page

Mengubah spasi sebelum atau setelah paragraf
Cara termudah untuk mengubah jarak antara paragraf untuk seluruh dokumen adalah untuk menerapkan satu set Cepat Style yang menggunakan jarak yang Anda inginkan. Jika Anda ingin mengubah jarak antara paragraf untuk sebagian dari dokumen, Anda dapat memilih dan mengubah spasi paragraf mereka sebelum dan jarak-after.

Gunakan gaya diatur untuk mengubah spasi paragraf untuk seluruh dokumen
Pada tab Home, dalam kelompok Styles, klik Ubah Gaya ..


Point ke Gaya Set, dan mengarah ke set berbagai gaya. Menggunakan pratayang langsung, perhatikan bagaimana garis jarak perubahan dari satu gaya set ke yang berikutnya.
Sebagai contoh, Word 2003 menyisipkan gaya menetapkan tidak ada ruang ekstra antara paragraf dan sejumlah kecil ruang di atas judul. The Word 2007 menetapkan gaya menggunakan spasi ganda antara paragraf dan menambah ruang lebih di atas judul.

Bila Anda melihat jarak yang Anda sukai, klik nama set gaya.
Mengubah spasi sebelum dan sesudah paragraf yang dipilih
Secara default, paragraf diikuti oleh baris kosong, dan pos memiliki ruang ekstra di atas mereka.

Pilih paragraf sebelum atau setelah yang Anda ingin mengubah spasi.
Pada tab Page Layout, dalam kelompok ayat, di bawah Spasi, klik panah di sebelah Sebelum atau Setelah dan masukkan jumlah ruang yang Anda inginkan.

 Top Page

Gunakan spasi Word 2003
Cara tercepat untuk menerapkan jarak Word 2003-gaya pada dokumen Anda adalah untuk menerapkan Word 2003 ditetapkan gaya.

Pada tab Home, dalam kelompok Styles, klik Ubah Gaya ..


Point ke Gaya Set, dan klik Word 2003.
Mengatur default spasi tunggal untuk semua dokumen baru
Pada tab Home, dalam kelompok Styles, klik Ubah Gaya ..


Point ke Gaya Set, dan klik Word 2003.
Pada kelompok Styles, klik Ubah Styles, dan kemudian klik Set as Default.
 Catatan Jika Anda mencoba menggunakan gaya lain yang ditetapkan dalam dokumen Anda dan Anda ingin kembali ke pengaturan default kustom Anda, klik Ubah Styles di grup Gaya, arahkan ke Gaya Sets, dan kemudian klik Reset ke Quick Styles dari Template.


Microsoft office word 2010

Setelah Microsoft office 2007 , sekarang telah ada Microsoft office 2010 .
Seperti microsoft office 2007 , yang 2010 pun mempunyai tampilan menarik tetapi lebih banyak kegunaan di dalam nya yang tidak ada di Microsoft office sebelum nya .

Jika kita membuka Microsoft office 2010 maka tampilan awal nya


Menu di atas terdapat ;
  • file
  • home
  • insert
  • page layout
  • references
  • mailings
  • review
  • view









File

Buka dokumen baru dan mulai mengetik

1. Klik tab File.



2. Klik Baru.
3. Klik dua kali Blank dokumen.

Mulai dokumen dari template

Situs Template pada Office.com menyediakan template untuk berbagai jenis dokumen, termasuk riwayat hidup, surat pengantar, rencana bisnis, kartu nama, dan kertas APA-gaya.

1. Klik tab File.



2. Klik Baru.
3. Dalam Template Tersedia, lakukan salah satu berikut ini:
*Klik Contoh Template untuk memilih template yang tersedia pada komputer Anda.
*Klik salah satu link di bawah Office.com.
 Catatan Untuk men-download template yang tercantum di bawah Office.com, Anda harus
terhubung ke Internet.
4. Klik dua kali template yang Anda inginkan.

Simpan dan menggunakan kembali template

Jika Anda membuat perubahan pada template yang Anda download, Anda dapat menyimpan di komputer Anda dan menggunakannya lagi. Sangat mudah untuk menemukan semua Anda disesuaikan template dengan mengklik Saya template di kotak dialog Dokumen Baru. Untuk menyimpan template dalam folder template saya, lakukan hal berikut:




1. Klik tab File.



2. Klik Simpan Sebagai.
3. Pada kotak dialog Save As, klik Template.
4. Dalam daftar Simpan sebagai Jenis, pilih Word Template.
5. Ketik nama untuk template pada kotak File name, kemudian klik Simpan.

Hapus dokumen

1. Klik tab File.



2. Klik Buka.
3. Cari file yang ingin Anda hapus.
4. Klik kanan file tersebut, kemudian klik Hapus pada menu shortcut.

Microsoft office word 2010

Setelah Microsoft office 2007 , sekarang telah ada Microsoft office 2010 .
Seperti microsoft office 2007 , yang 2010 pun mempunyai tampilan menarik tetapi lebih banyak kegunaan di dalam nya yang tidak ada di Microsoft office sebelum nya .

Jika kita membuka Microsoft office 2010 maka tampilan awal nya


Menu di atas terdapat ;
  • file
  • home
  • insert
  • page layout
  • references
  • mailings
  • review
  • view


file

file adalah menu star dari Microsoft word 2010 , di dalam nya terdapat aplikasi :
1.       info
info berguna menginformasikan tentang Microsoft 2010
di dalam info terdapat :
*  compatibility mode
* permissions
* prepare for sharing
* version
2.   recent
Recent adalah penempatan file word yang telah di simpan atau di kirim ke filder lain
2.       new
new berguna untuk membuka halaman baru
3.       print
print disini mempermudah kita jika akan mencetak output layar , agar tidak perlu ke aplikasi star terlebih dahulu
4.       save & send
save & send berguna untuk menyimpan data dan mengirim data
5.       help
help berguna untuk memudahkan kita untuk mengoprasikan Microsoft 2010
6.       options
options berguna untuk mengatur atau menambahkan aplikasi dalam Microsoft 2010
7.       exit
exit berguna untuk menonaktifkan semua kegiatan di Microsoft 2010 dan mengeluarkan nya .

home


                Home adalah fasilitas dalam microsoft affice word 2010 yang di dalam nya terdapat aplikasi yang sebagian besar mengatur tampilan tulisan dalam teks .
Dalam home terdapat sub menu pembantu diantara :
  1. clipboard
- paste                  : untuk menampilkan hasil copy dan cut
- cut                       : untuk momotong teks atau gambar untuk di tampilkan di dokumen lain
- copy                    : untuk menggandakan data dan juga di cetak juga di dokumen lain tanpa menghilangkan data tersebut di dokumen yang sebelum nya
- format painter: untuk mngurangi format dan meniru format pada data yang akan di tiru
      b.      font
berguna untuk merubah huruf , merubah ukuran huruf , menebalkan , mimiringkan , mengaris bawahi , mewarnai teks , menyuper scripkan ,
                men sub scripkan teks .
  1. paragraph
idents and spasing , diantaranya :
- general :
* aligment
* outline level
-  identiations
                * margin kiri
                * margin kanan
                * special
                * by
- spacing
                * before
                * after
                * line spacing
                * at
      c.       styles
                untuk mengganti style tulisan , terdapat berbagai macam style di dalam nya
  1. edting
-          find                : berguna untuk mencari aplikasi yang kita tidak tahu dimana letak nya
-          replace         : sama seperti find
-          select            : memblok data yang di inginkan .

insert


Insert adalah fasilitas dalam microsoft affice word 2010 yang di dalam nya terdapat sub menu yang memudahkan pengguna dalam menyisipkan sesuatu yang kita butuhkan.

Dalam insert terdapat sub menu pembantu diantara :
*Page
  • Cover page berguna untuk mempermudah kita dalam membuat sampul halaman depan.
  • Blank page berguna untuk menghilangkan text.
  • Page Break berguna untuk menambahkan halaman baru.

*Table
Table adalah sub menu yang mempermudah kita untuk membuat table .

*Illustrations
·         Picture adalah memasukan gambar dari document yang kita miliki
·         Clip art adalah memasukan gambar dari bawaan Microsoft Word 2010


KEUNTUNGAN WORD 2010
Membuat visual menarik dokumen lebih mudah dari sebelumnya

Word 2010 menyediakan berbagai alat-alat baru dan lebih baik yang membantu Anda terlihat seperti desain pro dan membuat konten penting Anda menonjol.

    * Tambahkan efek pemformatan mengesankan-seperti gradien mengisi dan refleksi-langsung ke teks dalam dokumen Anda. Anda sekarang dapat menerapkan banyak efek yang sama untuk teks dan bentuk-bentuk yang mungkin telah Anda gunakan untuk gambar, grafik, dan grafik SmartArt.

Anda sekarang dapat menerapkan banyak efek yang sama untuk teks yang mungkin Anda gunakan untuk foto dan grafis

    * Gunakan alat gambar baru dan ditingkatkan mengedit-termasuk efek artistik serbaguna dan koreksi maju, warna, dan tanam-alat untuk menyempurnakan setiap gambar dalam dokumen Anda untuk melihat mutlak yang terbaik.

Gunakan baru dan perbaikan alat-alat gambar-editing untuk menyempurnakan setiap gambar dalam dokumen Anda

    * Pilih dari lebih tema Kantor dikustomisasi untuk mengkoordinasikan warna, font, dan efek format grafis seluruh dokumen Anda. tema Customize untuk menggunakan branding sendiri pribadi atau bisnis. Kantor sama tema yang tersedia di Microsoft PowerPoint dan Excel 2010, sehingga mudah untuk memberikan semua dokumen Anda tampilan, konsisten profesional.

    * Membuat pernyataan dengan berbagai pilihan SmartArt grafis-termasuk layout baru bagi organisasi dan diagram chart gambar-untuk membuat grafik mengesankan semudah mengetik daftar bullet. SmartArt grafis secara otomatis berkoordinasi dengan tema dokumen yang Anda pilih, format begitu besar-mencari semua isi dokumen Anda hanya beberapa klik saja.

Hemat waktu dan menyederhanakan pekerjaan Anda

Word 2010 menyediakan alat yang dapat menghemat waktu dan menyederhanakan pekerjaan Anda.

    * Temukan jalan Anda dengan Panel Navigasi diperbaiki dan Cari alat. Peningkatan ini baru membuatnya lebih mudah untuk menelusuri, mencari, dan bahkan mengatur hak dokumen konten dari satu, mudah digunakan pane.

Peningkatan Navigasi Pane dan Cari alat membuatnya lebih mudah untuk mencari dan mencari

    * Versi draft Recover file yang Anda menutup tanpa menyimpan. Itu benar. Fitur versi pemulihan hanyalah salah satu dari banyak fitur baru yang tersedia dari tampilan baru Microsoft Office ™ Backstage. Backstage menggantikan tampilan menu File tradisional di semua 2010 aplikasi Office untuk menyediakan ruang, terpusat diselenggarakan untuk semua tugas pengelolaan dokumen.

    * Mudah menyesuaikan Ribbon diperbaiki untuk membuat perintah yang paling Anda butuhkan dapat diakses. Buat tab kustom atau bahkan menyesuaikan built-in tab.

Bekerja sama secara lebih berhasil

Jika Anda bekerja dengan orang lain pada dokumen dan proyek, Word 2010 memiliki alat yang Anda butuhkan.

    * Menggunakan kemampuan co-authoring baru, Anda sekarang dapat mengedit dokumen yang sama, pada waktu yang sama, sebagai anggota tim lainnya di lokasi lain. Anda bahkan dapat berkomunikasi langsung saat Anda bekerja, langsung dari Word.1, 2

Anda dapat mengedit dokumen yang sama pada waktu yang sama sebagai anggota tim sesama di lokasi lain

    * Jika Anda bekerja untuk sebuah perusahaan menjalankan SharePoint Yayasan 2010 fungsi ini dapat digunakan dalam firewall. Dengan Office Communicator sekarang terintegrasi di seluruh beberapa program Office 2010, Anda dapat melihat informasi keberadaan yang menunjukkan ketersediaan penulis lain dan memulai pesan cepat atau suara panggilan langsung dari Word.
    * Jika Anda berada dalam perusahaan kecil atau menggunakan Word 2010 untuk rumah atau tugas sekolah, Anda dapat memanfaatkan fitur co-authoring meskipun Windows Live. Yang Anda butuhkan adalah gratis Windows Live ID untuk secara bersamaan mengedit dokumen dengan orang lain. Account instant messenger (seperti Windows Live Messenger gratis) diperlukan untuk melihat keberadaan penulis dan memulai percakapan olahpesan cepat.


Mengakses informasi Anda dari lebih banyak tempat

ide-ide Anda, tenggat waktu, proyek, dan keadaan darurat pekerjaan tidak selalu terjadi dengan mudah ketika Anda berada di meja Anda. Untungnya, Anda sekarang memiliki kekuatan untuk menyelesaikan sesuatu kapan dan di mana Anda perlu, dari Web atau bahkan dari smartphone Anda. 3

    * Microsoft Word Web App adalah pendamping online untuk Microsoft Word yang memungkinkan Anda untuk memperluas pengalaman anda dengan Firman ke browser. Lihat versi kesetiaan yang tinggi dari dokumen Anda dan membuat cahaya suntingan juga. Mengakses beberapa format yang sama dan alat editing yang di Word 2010, dan bekerja dalam lingkungan editing akrab, dari hampir komputer manapun dengan browser.2 Web

    * Microsoft Word Mobile memberi Anda kemampuan untuk meninjau, mengedit, atau komentar tentang dokumen Word dan menyediakan navigasi alat untuk cepat melompat ke tempat yang tepat setiap time.4

Word Mobile

Apakah Anda sedang menulis bahwa karir-pembuatan laporan, bekerja sama dengan tim di lapangan besar berikutnya, penyusunan resume Anda, atau mendapatkan kerja yang dilakukan di jalankan, Word 2010 membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dilakukan lebih cepat, dengan lebih fleksibel , dan dengan hasil yang lebih baik.

1
. pesan instan dan kehadiran memerlukan salah satu dari berikut: Microsoft Office Communications Server 2007 R2 dengan Microsoft Office 2007 R2 Communicator; Windows Live Messenger, atau aplikasi lain instant messaging yang mendukung IMessenger. Panggilan suara memerlukan Office Communications Server 2007 R2 dengan Office Communicator 2007 R2 atau aplikasi instant messaging yang mendukung IMessengerAdvanced.

2
. Membutuhkan Foundation Microsoft SharePoint 2010 atau Windows Live ID.

3
. Web dan akses smartphone memerlukan perangkat yang sesuai dan beberapa fungsi memerlukan koneksi internet. fungsionalitas Web menggunakan Office Web Apps, yang membutuhkan browser Internet Explorer, Firefox, atau Safari didukung dan baik Yayasan SharePoint 2010 atau Windows Live ID. Beberapa fungsi ponsel membutuhkan Office Mobile yang tidak termasuk dalam aplikasi Office 2010, suite, atau Office Web Apps. Ada beberapa perbedaan antara fitur dari Office Web Apps, Office Mobile dan Office 2010 aplikasi.

Kelebihan Office 2010

 Microsoft Office 2010 atau Office seri ke 14 merupakan penerus dari Office versi 2007. Walaupun masih sedikit bocoran mengenai info Microsof Office 2010, pihak Microsoft mengungkapkan bahwa pada Office 2010 ini akan lebih ringan dari pada Microsoft Office versi sebelumnya. Pada Microsoft Office 2010, Microsoft Office akan mendukung dua versi yag terpisah, yaitu versi 32 bit dan versi 64 bit dan Office 2010 akan menjadi pertama yang melakukan dua versi yang berbeda. Berikut beberapa kelebihan dari Office 2010 yang penulis dapatkan dari beberapa sumber :
Wah-wah ada yang baru pikirku, atau aku jarang mengikuti perkembangan, sibuk ngeblog hingga lupa..aq mesti banyak belajar hal-hal lain, iseng-iseng aq Buka FB dan…temenku ngirim suggestion kalau dia adalah Fans office 2010, wah great pikirku, sebelum booming, aku mesti cari tau nih kelebihannya, akhirnya aq menemukan source yang bagus nih di http://techie-buzz.com/featured/microsoft-office-2010-features.html , Tampilannya lebih Ok dari versi sebelumnya…Ini dia beberapa kelebihan dari office 2010 :
1. Office 2010 has Screenshot Capture, ituloh fasilitas yang memungkinkan meng capture gambar
2. Fasilitas Removal Background, keren nih..jadi bisa dengan gampang hapus background yg ada di shape, dll
3. Revamped Print Option, kalau yang ini gw kurang tau persis, letaknya ada di Opsional untuk print.
4. Fasilitas Auto Permision yang lebih baik (untuk Sekuriti/keamanan)
5. Tampilan button yang lebih menarik
6. SMArt Templates yang lebih baik
7. Proteksi mode ketika seseorang membuka file dari sebuah situs di internet.
Dan masih banyak yang lainnya, untuk mendapatkan produk ini….kapan yah di launching, tunggu pengumuman berikutnya….or jangan2 dah launching……
dalam trit kali ini, saya hanya ingin share mengenai Microsoft Office 2010…..
dibanding pendahulunya yaitu MO 2007, pastinya MO 2010 telah jauh lebih baik dan menarik.
Di dalam MO 2010 tersedia berbagai aplikasi dalam keluarga Office, termasuk Acces 2010, Excel 2010, InfoPath 2010, OneNote 2010, Outlook 2010, PowerPoint 2010, Project 2010, Publisher 2010, SharePoint Designer 2010, SharePoint Workspace 2010, Visio 2010,Word 2010,Office Web, SharePoint server 2010, dan Visio 2010. Tidak hanya itu saja, Office 14 ini juga akan ditambahkan PDC, yang membuat inovasi Office ini semakin menarik.
yang saya suka dari Microsoft Office 2010 adalah jauh lebih Ringan dibanding MO 2007. jadi untuk PC juragan yang menjadi agak lemot ketika menggunakan MO 2007, Microsoft Office 2010 patut dicoba.
selain itu banyak kelebihan-kelebihan lainnya..
misal,dalam word ataupun Excel kita dapat membuat dan membuka FIle-file yg berformat open office (linux) dan kita bisa membuat file dalam bentuk PDF.

KEKURANGAN




Microsoft Office 2010 atau yang disebut juga dengan Office 14 adalah jagoan baru aplikasi perkantoran yang bakalan dirilis versi finalnya pada sekitaran Oktober – November 2009.
Sebelum benar – benar merilis versi finalnya, Microsoft beberapa bulan yang lalu telah merilis versi Technical Preview-nya guna memperoleh masukan dari para analis dan calon customer tentunya.
Microsoft sepertinya belajar dari kekurangan sebelumnya pada Office 2007, pada Office 2010 ini ada perbaikan dalam pengelompokan (grouping) menu dan yang sangat jelas terasa adalah kecepatan loading jika dibandingkan dengan Office 2007 sangat jauh lebih cepat Office 2010. Selain itu juga ada beberapa feature tambahan built-in kemampuan buat save-as PDF, XPS (pdf nya microsoft), dan ODT/ODS/OD* (formatnya open office).
Dengan compatiblenya Office 2010 dengan file – file Open Office Org., menunjukkan pula bahwa Microsoft sudah mau sedikit berbagi dan mengakui hadirnya aplikasi open source tersebut dan ini tentu saja akan semakin mempercepat laju perkembangan Open Office Org..